Orang Sukses itu Inovatif...Ya?

Posted: Sabtu, 17 Desember 2011 by Rizky.Hafiz in
0

Kemarin gue liat trailer film Thailand yang berjudul The Billionaire (based on true story), asli nih film kayaknya inspiratif banget...tentang perjuangan seorang anak muda buat jadi pengusaha yang sukses walaupun jatuh bangun banyak kegagalan.
Jualan DVD gagal, jualan kacang rebus gagal, sampai akhirnya dia membuat inovasi dengan membuat snack dari rumput laut, "Tao Kae Noi".
Sekarang umurnya baru 26 tahun tapi penghasilan dia 800 juta Baht per tahun (kalau di rupiahkan jadi Rp 240.000.000.000!!!)
kalau mau tau lebih lanjut kilk aja di sini
 Kemudian pas gue lagi asik internetan gue nemu foto di bawah ini...
Yak, Teh Botol Sosro. Kalau Snack di atas tadi produk dari luar, nah Teh yang satu ini adalah produk lokal yang sudah terkenal dan bertahan dari satu generasi ke generasi lain, bayangin dari tahun 1969 loh.
Terlintas lagi pikiran gue tentang Inovasi. YA! Teh botol Sosro adalah sebuah produk yang inovatif!
Ketika itu masih tahun 1969, siapa yang bakal mikir buat mengemas teh ke dalam botol? Asal tau aja, ini merupakan produk teh pertama yang dijual dalam botol di Indonesia dan di dunia...inovatif!! (cek aja wikipedia)
Apakah sukses? Lucu kalau ada yang bilang teh botol adalah produk gagal...hehe.

Selanjutnya mungkin yang paling terkenal adalah inovasi dari Steve Jobs, pendiri Apple.
"Stay Hungry. Stay Foolish." Tetaplah merasa lapar (tidak pernah puas untuk mengejar yang terbaik). Tetaplah merasa bodoh (terus mau belajar sepanjang hidup).

Ada yang lucu kalau gue memperhatikan produk-produk dari Apple, selalu ada inovasi selalu ada yang baru! Contohnya iPhone..liat tabel di bawah ini.
iPhone iPhone 3G iPhone 3GS iPhone 4 iPhone 4S
Sudah ada lima seri produk iPhone yang di keluarkan bertahap, tapi orang-orang tetap aja mau ngeluarin duit buat beli seri iPhone yang paling baru. Kenapa? Alasan paling mendasar adalah seri yang paling baru fiturnya paling canggih/lengkap.

Ternyata inovasi juga berlaku di dunia marketing, inovasi secara bertahap ini malah bikin orang-orang bakal beli terus menerus.
Coba aja iPhone pas di keluarkan fiturnya langsung lengkap! Besok-besok gak bakal ada lagi iPhone seri terbaru..hahaha. Cerdas!

Bagaimana? Apa sekarang anda tertarik untuk membuat sebuah inovasi?

0 komentar: